Nutrisi Untuk Mata Sehat

Mata adalah jendela dunia, karena dengan mata kita dapat melihat warna-warni dunia. Lebih dari itu, mata yang sehat juga menunjang kita beraktivitas dengan baik dan leluasa, sedangkan mata yang sakit akan menghambat  aktivitas,
apalagi bila penyakit tersebut menyebabkan gangguan penglihatan yang parah atau bahkan kebutaan. Mengingat fungsinya yang sangat vital, tidaklah berlebihan bila sebaiknya kita berusaha menjaganya agar tetap sehat sepanjang usia kita.

Salah satu langkah penjagaan terhadap kesehatan  mata adalah dengan mengkonsumsi nutrisi yang berguna bagi kesehatan mata. Saat ini,  penelitian mengenai nutrisi yang dapat membantu mencegah penyakit mata terus dilakukan. Para ilmuwan terus mempelajari makanan yang dapat membantu mencegah beberapa penyakit mata, mengingat penyakit mata adalah penyebab utama kecacatan di berbagai negara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa nutrisi berguna dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah beberapa penyakit mata. Beberapa penyakit mata terutama yang bersifat degeneratif (muncul seiring pertambahan usia), seperti katarak dan degenerasi makula ( Age-related Macular Degeneration /AMD), ternyata dapat dicegah melalui modifikasi nutrisi yang kaya dengan buah-buahan dan sayuran. Kedua penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan tersebut dipercaya dipengaruhi oleh stress oksidatif, yang terjadi akibat ketidakseimbangan radikal bebas yang beredar dalam tubuh dengan jumlah antioksidan. Radikal bebas ini akan merusak sel-sel tubuh dengan mengambil elektron sel-sel tubuh yang normal, melalui proses oksidasi. Di mata, proses oksidasi yang berlebihan ini akan mempengaruhi protein dan lemak dalam lensa mata sehingga menyebabkan kekeruhan dan kerusakan lensa mata yang menimbulkan katarak. Nutrisi yang kaya antioksidan dapat mencegah dan memperlambat proses ini. Radikal bebas dapat berasal dari makanan yang tidak sehat, polusi, beberapa bahan kimia, rokok, dan radiasi ultraviolet. Beberapa radikal bebas dapat timbul dari metabolisme normal setiap hari. Itulah sebabnya, orang-orang tanpa faktor risiko terkena radikal bebas pun memerlukan nutrisi yang kaya antioksidan yang berasal dari makanan sehat.

Menurut Jennifer K. Nelson, MS, RD, direktur clinical dietetics dan asosiasi professor gizi di Mayo School of Health Sciences, Rochester, Minn, beberapa nutrisi yang berguna bagi kesehatan mata adalah: vitamin C dan E, karotenoid, beta karoten, lutein, zeaxanthin, omega-3 asam lemak, seng, vitamin B6, B9 (asam folat), dan B12,”

“Antioksidan, terutama lutein, dapat membantu mencegah terbentuknya produk limbah dalam retina, yang pada gilirannya membantu mengurangi risiko AMD. Folat dan vitamin B6 dapat mengurangi kehadiran homosistein kimia darah, yang menurunkan risiko AMD. Antioksidan juga membantu mencegah koagulasi protein dalam lensa yang dapat menyebabkan katarak,” lanjut Nelson.  National Eye Institute’s Age-Related Eye Disease Study (AREDS) menemukan bahwa, konsumsi suplemen tertentu dosis tinggi seperti vitamin E, beta karoten, seng, dan tembaga dapat mencegah perkembangan AMD ke tahap lanjut.

Berikut ini penjelasan masing-masing nutrisi yang bermanfaat bagi mata:

Vitamin A/ Beta-carotene
Zat ini merupakan nutrisi paling penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, xerophtalmia atau mata kering, ulkus kornea, dan kelopak mata bengkak. Xerophtalmia yang tidak dirawat dapat menyebabkan tragedi penglihatan, yaitu kebutaan. Di negara berkembang, kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab kebutaan yang banyak terjadi.   Vitamin A juga dapat mencegah terjadinya katarak dan kebutaan yang berhubungan dengan degenerasi makula. Setengah wortel setiap hari cukup untuk  memenuhi dosis rekomendasi harian vitamin A. Berdasarkan US RDA (rekomendasi kebutuhan harian), kebutuhan vitamin A untuk laki-laki berumur 11 tahun ke atas adalah 1.000 retionol equivalents (RE), sedangkan  untuk perempuan berumur 11 tahun ke atas adalah 800 RE. Vitamin A juga ditakar dalam unit internasional (IU).  1 RE sama dengan 10 IU untuk produk tanaman dan sama dengan  3,3 IU untuk produk hewani. Takaran ini setara dengan  setengah wortel untuk asupan sehari. Makanan lainnya yang kaya vitamin A adalah: minyak ikan cod, ubi manis, hati dan butternut squash.

Vitamin C
Vitamin yang larut air ini adalah komponen dari jaringan dalam tubuh yang sangat penting untuk mata. Sebagai antioksidan, vitamin C juga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.  Dengan demikian, vitamin ini membantu melindungi dari penyakit-penyakit mata. Pepaya, jeruk, jus anggur, strawberry, paprika hijau, tomat, dan bunga kol adalah jenis makanan yang mengandung vitamin ini.

Vitamin E
Vitamin larut dalam lemak yang juga dikenal dengan alpha tocopherol ini adalah antioksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata dari katarak dan degenerasi makula akibat usia. Sumber vitamin E adalah: kacang Almond, minyak bunga matahari dan minyak jagung, mangga, hazelnut, kacang pistachio dan kacang-kacangan lain.

Carotenoids
Karoten berhubungan dengan pigmen tanaman alami dan membantu memberikan warna-warna pada sayuran dan buah. Lutein dan zeaxanthin adalah dua di antara jenis karotenoid yang dapat melindungi mata dari penurunan kondisi dan penyakit. Lutein dapat ditemukan pada makanan seperti bayam, selada, kol, brokoli, kacang hijau dan banyak sayuran dan buah yang berwarna kuning dan oranye, sementara zeaxanthin dapat ditemukan dalam paprika oranye, jagung dan beberapa sayuran hijau.

Zat Besi
Zat besi  adalah mineral penting yang ditemukan dalam setiap sel tubuh, zat besi membantu kesehatan tubuh, terutama mata, dan dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan seperti daging merah, ayam, oyster, buncis, yoghurt, susu, sereal dan kacang- kacangan.

Bioflavonoids (Flavonoids)
Bioflavonoid  dapat mencegah katarak dan degenarasi makula dengan menghambat kerja enzim aldose reduktase yang berperan dalam pembentukan katarak. Flavonoid juga dapat melindungi pembuluh darah pada mata, sehingga secara otomatis akan memperkuat kornea dan retina mata. Sumber bioflavonoid adalah: teh, bilberry, blueberry, cherry, kacang-kacangan, dan produk kedelai.

Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3 dapat membantu mencegah degenarasi makula dan kekeringan pada mata. Sumber makanan yang kaya nutrisi ini adalah: ikan dari laut dingin, seperti: salmon, mackarel, dan herring, minyak ikan, walnuts, dan flaxseed.

Selenium
Selenium bersama dengan karotenoid, vitamin C dan E dapat mengurangi risiko perkembangan degenarasi makula. Sumber makanan yang kaya selenium adalah: makanan laut (seafood), kacang Brazil, beras merah,  dan mie. Kebutuhan sehari selenium yang direkomendasikan (RDA) adalah: 55 mcg, sedangkan untuk wanita hamil dan menyusui  masing-masing adalah 60 mcg 70 mcg.

Vitamin D
Vitamin D dapat diperoleh dengan mengkonsumsi  ikan salmon, sarden, mackarel, atau susu, sedangkan sumber terbaik vitamin D adalah sinar matahari.

Seng
Seng membantu mengurangi risiko rabun senja, sekaligus membantu mengurangi risiko degenerasi makula. Sumber seng adalah kerang, daging sapi, kepiting, dan daging kalkun. Kebutuhan harian seng adalah : 11mg untuk laki-laki, 8mg untuk perempuan,   11 mg untuk wanita hamil dan 12 mg untuk wanita menyusui.

Para ahli merekomendasikan untuk memenuhi kebutuhan harian nutrisi-nutrisi mata tersebut melalui makanan-makanan alami, bukan dari suplemen, kecuali apabila disarankan  oleh ahli mata. Ringkasnya, kita dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi-, nutrisi tersebut dengan mengkonsumsi 5 sampai 9 porsi buah-buahan  dan sayuran setiap hari, 3 porsi biji-bijian dan sereal setiap hari, serta dua porsi ikan atau makanan laut setiap minggunya. Sayuran hijau yang hendak dikonsumsi sebaiknya tidak dimasak terlalu matang agar kita tidak kehilangan kandungan nutrisinya.

Beberapa makanan juga terbukti dapat mengganggu kesehatan mata, dan sebaiknya sebaiknya dihindari, seperti diet tinggi karbohidrat. Penelitian yang dimuat oleh Investigative Ophthalmology & Visual Science pada bulan Juni 2010 menemukan bahwa diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan risiko katarak. Jenis makanan lain yang juga perlu dihindari adalah makanan yang digoreng, makanan yang diawetkan, ijasnack dengan kadar gula tinggi, minuman ringan (soft drinks), makanan dengan kadar garam yang tinggi, makanan cepat saji (fast food), dan chips.

Ternyata, benarlah anjuran orang-orang tua dahulu, bahwa buah-buahan dan sayuran hijau adalah makanan penting bagi mata. Oleh karena itu, apabila kita peduli pada kesehatan mata dan menginginkan penglihatan yang baik sampai usia senja, jangan lupakan kedua jenis makanan ini dalam menu keseharian kita. Sebaiknya juga kita mempelajari  cara mengolah buah dan sayur sehingga nutrisi pentingnya tidak hilang dan dapat diserap tubuh dengan sempurna. Satu hal yang perlu diingat adalah, tidak ada hal yang instan dalam menjaga kesehatan tubuh, termasuk mata . Jadi, penuhi nutrisi untuk mata sedini mungkin, sebelum kita terlambat dan menyesal karena kehilangan jendela dunia kita.

Penulis: dr. Liz Marisa (Alumni FK UGM)

publis : Radi's Share
Previous
Next Post »

5 comments

Click here for comments
Sunday, 09 November, 2014 ×

nice post sob..
article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
maju terus dan sukses selalu...
salam kenal yach...
kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

Reply
avatar
Cia ling
admin
Thursday, 25 December, 2014 ×


KEREN GAN ARTICLE NYA
KUNJUNGI JUGA BLOG SAYA YA GAN
=>http://chaniaj.blogspot.com
http://www.dkipoker.com/dkipk/index.php

Reply
avatar
Saturday, 31 January, 2015 ×

jalan jalan ketempat sahabat sambil berburu informasi yang keren2 (Y)

Reply
avatar
Monday, 28 December, 2015 ×

not always shining beautifully proven by yourself
Saturday again ,, congratulations menajalankan hopefully activities smoothly
happy weekend ,, the latest news in the waiting continues for all other success

Reply
avatar