Mengenal Bahan Kimia di Sekitar

Gambaran  umum  yang  muncul  ketika  mendengar  Matematika,  Fisika  dan  Kimia  biasanya  adalah “susah”. Kenapa? Karena kita terpaku dengan pandangan “angka, rumus, dan menghitung”. Ya kan?

Untuk  membuat  suatu  hal  menjadi  mudah,  kita  harus  mulai  menyukai  hal  tersebut.  Dan  untuk menyukai suatu hal, kita harus belajar dengan memulai dari yang paling sederhana.

Kimia.  Apa  itu  Kimia?  Kimia  bisa  diartikan  ilmu  yang  mempelajari  tentang  kompisisi,  struktur, sifat
maupun  perubahan    suatu  zat.  Umumnya  orang  beranggapan  bahan  kimia  adalah  bahan  yang mengandung  racun. Padahal, bahan  Kimia  bukan hanya  sebatas racun.  Bahan  Kimia  ada  yang  alami, ada pula yang sintesis. Contoh bahan Kimia di sekitar kita adalah :

1. Air
Air  adalah  unsur  vital  bagi  tiap  individu.  Kita  bisa  mengingatnya  dengan  nama  Kimia  H2O. Artinya Air tersusun atas 2 molekul Hidrogen (H) dan 1 molekul Oksigen (O).

2. Garam dapur
Makanan tanpa garam, apa rasanya?  Nama kimianya adalah NaCl (Natrium Klorida).

3. Gula pasir
Gula dalam istilah kimia  punya berbagai macam jenis.  Sedangkan  Gula pasir dikenal dengan
nama  Sukrosa (C12H22O11)

4. Cuka
Siapa  yang  suka  makan bakso / soto pakai  cuka? Mari kita ingat  dengan  nama Asam  Asetat
(CH3COOH)

5. Udara
Udara  teridiri  dari  berbagai  macam  unsur.  Yakni  78%  Nitrogen  (N2),  21%  Oksigen  (O2)  dan sisanya terdiri dari zat lain.

6. Sabun
Sabun dalam istilah  sehari –  hari adalah  bahan yang  digunakan  untuk mencuci  agar  menjadi
bersih.  Dalam  ilmu  Kimia  sabun  adalah  zat  basa  (pH  >7).  Umumnya  berupa  Natrium
Hidroksida (NaOH) atau Kalium Hidroksida (KOH).

7. Urea
Urea digunakan untuk menyuburkan tanaman. Rumus Kimianya CO(NH2)2

8. Formalin
Formalin  biasa  digunakan  sebagai  pengawet  mayat.  Beberapa  waktu  lalu  sempat  heboh dengan  adanya  isu  penggunaan  formalin  dalam  makanan.  Formalin  /  Formaldehid  / Metaldehid memiliki rumus kimia CH2O.

Pada dasarnya,  setiap  bahan  tersusun  atas  1 molekul  atau  lebih, maka setiap  bahan memiliki rumus dan  nama  kimia.    Masih  banyak  unsur  di  sekitar  kita.  Kira-  kira  Emas,  Bensin,  Alkohol,  bau  semut rangrang, disebut apa ya?
Previous
Next Post »