Pesan yang Indah


Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam Pernah Berpesan Ke Abdullah Bin Umar Radiyallahu Anhuma Sambil Memangang Pundak Iparnya Ini :
" Jadilah engkau didunia ini seperti orang asing atau bahkan seperti orang yang sekedar lewat ( musafir ) ". ( HR . Al- Bukhari )

Ibnu Baththal Rahimahullah Menjelaskan berkenaan dengan hadist Ibnu Umar diatas " dalam hadist ini terdapat isyarat untuk mengutamakan sifat zuhud dalam kehidupan dunia dan mengambil perbekalan secukupnya sebagaimana musafir tidak membutuhkan bekal lebih daripada apa yang dapat mengantarkannya sampai ke tujuan, demikian pula seorang mu,min di dunia ini ia tidak butuh lebih dari pada apa yang dapat menyampaikannya ke tempat akhirat .
Al - Imam An - Nawawi Rahimahullah Berkata memberikan penjelasan terhadap hadist ini " Janganlah engkau condong kepada dunia, jangan engakau jadikan dunia sebagai tanah air ( tempat menetap , dan jangan pula pernah terbetik di jiwamu untuk hidup kekal di dalamnya, jangan engkau terpaut kepada dunia kecuali sekedar terkaitnya seorang asing pada selain tanah airnya, dimana dia ingin segera tinggalkan negeri asing tersebut guna kembali kepada keluarganya .
Duhai Saudaraku marilah kita renungkan nasehat yang berharga ini , nasehat dari utusan Allah Yaitu Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam .

(Radi's Share/http://mataairtaqwa.blogspot.com/2013/07/pesan-yang-indah.html)
Previous
Next Post »