Bandwidth

Bandwidth adalah kapasitas atau daya tampung kabel ethernet agar dapat dilewati traffic paket data dalam  jumlah tertentu.  Bandwidth juga bisa berarti jumlah konsumsi paket data per satuan waktu dinyatakan dengan satuan bit per second [bps].
 
Bandwidth internet disediakan oleh  Internet Service provider (ISP)  dengan jumlah tertentu  tergantung  sewa pelanggan.  Dengan  Quality Of Service (QoS)  dapat diatur agar user  tidak menghabiskan bandwidth yang  disediakan oleh provider. 
 
Istilah bandwidth  muncul dari bidang teknik elektro, dimana bandwidth mempresentasikan jarak keseluruhan atau jangkauan diantara sinyal tertinggi dan terendah pada kanal (band) komunikasi. Pada dasarnya  bandwidth mempresentasikan kapasitas dari koneksi, semakin tinggi kapasitas, maka umumnya akan diikuti oleh kinerja yang lebih baik,  meskipun kinerja  keseluruhan  juga  tergantung pada faktor-faktor lain, misalnya  latency yaitu waktu tunda antara masa sebuah perangkat  meminta  akses ke  jaringan dan masa perangkat itu member  izin untuk melakukan transmisi
Previous
Next Post »