Meningkatkan Keamanan Proxy Server

Keamanan proxy server (proxy server security) merupakan salah satu perhatian utama ketika Anda menggunakan proxy. Anda ingin menjaga agar hacker dan bot untuk tidak menyelinap pada komputer dan mencuri dokumen sensitif atau informasi rahasia, serta dapat melacak IP (Internet Protocol) address untuk menemukan trend penggunaan Internet Anda. Meningkatkan pengaturan keamanan proxy server dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, termasuk menutup akses untuk record tertentu dan menggunakan beberapa IP address. Dengan cara ini dan dengan beberapa cara lainnya Anda dapat menjaga komputer Anda tetap aman dari adanya serangan.

Salah satu cara untuk meningkatkan proxy server adalah untuk menempatkan sebuah kunci enkripsi (encryption lock) pada semua dokumen sensitif atau rahasia. Jika terdapat file atau folder yang dapat diakses tanpa password, maka tempatkan password tertentu untuk dapat mengaksesnya. Hal ini merupakan langkah perlindungan terakhir, jika terdapat orang yang mampu membobol proxy dan menyelinap pada komputer Anda.

Gunakan beberapa IP address untuk menjaga agar hacker dan bot tidak dapat melacak aktivitas online Anda. Sebagian besar proxy hadir dengan banyak IP address. Pertimbangkan untuk mengubah IP address secara otomatis atau manual selama setiap jamnya (atau periode waktu tertentu) untuk memberikan perlindungan yang baik. Anda juga dapat menggunakan anonymous IP, karena tidak akan ada cara untuk melacak IP address ini dari Internet. Beberapa metode lainnya yang dapat Anda gunakan diantaranya adalah menggunakan reverse proxy dan menggunakan filtering.

sumber : http://gicara.com/
Previous
Next Post »