Tips Memanfaatkan Google Untuk Menulis Artikel

Kebanyakan netter memakai Google hanya untuk Search, mencari suatu topik dengan mengetikkan keywords. Tidak banyak yang memanfaatkannya untuk Research. Padahal sebenarnya di sana ada sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi tentang suatu topik lebih dalam lagi.

Dalam postingan ini saya mau menunjukkan beberapa langkah dan tools Google yang bisa kita pakai untuk menulis artikel orisinil yang menjadi bagian penting dari sebuah website, khususnya blog, atau newsletter, sehingga kita terhindar dari kebiasaan kopas (copy paste).

Menemukan topik menarik dan hangat
Pergilah ke Google News, temukan berita menarik yang mungkin terkait dengan topik blog atau newsletter Anda. Dengan melakukan search sesuai keyword yang Anda bidik, Anda akan menemukan berita terkait dari sekitar 4500 sumber berita di sana. Baca dan pilih beberapa berita yang relevan dan buatkan kutipan di catatan Anda beserta sumber URL beritanya sesuai aturan penulisan.
Selain dari news, Anda juga bisa mulai dari Google Trends, yang memuat topi-topik yang sedang trend dan menjadi sumber berita. Di sana juga mungkin Anda akan temukan topik yang sesuai dengan blog atau newsletter Anda.

Apa kata orang tentang topik itu?
Setelah menemukan berita yang relevan dengan interest Anda dan membuat kutipan di catatan Anda, selanjutnya Anda cari apa pendapat umum tentang topik itu. Pergilah ke Google Groups dan ikuti beberapa di antaranya untuk mengetahui apa pendapat orang lain tentang topik Anda. Catatlah pendapat-pendapat yang pro maupun kontra yang akan menunjang penulisan artikel Anda.

Apa kata bloggers?
Carilah keyword Anda di Google Blog Search, maka Anda akan menemukan begitu banyak blog yang menulis tentang topik itu. Catat dan kutip pendapat bloggers yang menurut Anda layak dan menunjang penulisan Anda dan tentu jangan lupa mencatat URL sourcenya bila nanti Anda akan mengutipnya sebagai referensi.

Apa kata para pakar atau ilmuwan?
Google Scholar akan memberi Anda banyak informasi menyangkut topik Anda sebagai hasil riset para sarjana dan pakar di bidang itu. Bisa berupa thesis, buku, abstrak, atau tulisan di jurnal ilmiah. Adalah baik untuk menyertakan pendapat mereka yang ahli di bidangnya dalam tulisan artikel Anda.

Temukan buku sebagai referensi
Betul, Anda bisa membeli buku atau membaca di perpustakaan untuk mencari referensi tentang topik artikel Anda. Tetapi kenapa repot-repot ke toko buku dan keluarkan uang kalau Google Book Search bisa memberi Anda begitu banyak buku digital meliputi hampir semua topik? Gunakan fasilitas search buku ini untuk mendapatkan referensi yang lebih banyak lagi tentang topik yang Anda akan tulis.

Temukan dokumen PDF
Sama halnya dengan buku tadi, Google juga menyediakan berbagai referensi yang bisa Anda gunakan dalam format file PDF. Dengan mengetikkan search term seperti ini:

“keywords anda” filetype:pdf

maka Anda akan menemukan sejumlah dokumen terkait topik Anda dalam format PDF.

Satukan semuanya menjadi artikel
Berbekal referensi 1 s.d. 6, maka praktis Anda hanya tinggal menggabungkan saja semuanya ke dalam satu artikel. Menulis paragraf introduksi, mengaitkan satu referensi dengan yang lain, membandingkan dua atau lebih pendapat yang berbeda, dan kemudian menyimpulkannya dalam paragraf penutup. Maka artikel orisinil Anda sudah siap dipublikasikan. Mudah bukan?

Mungkin Anda tidak perlu melakukan semua tahapan di atas, hanya dengan satu dua tools atau tahapan saja mungkin sudah cukup untuk menulis sebuah artikel. Itu semua tergantung dari keperluan Anda tentunya. Dan jangan lupa sebenarnya masih ada fasilitas lain yang disediakan google untuk memperkaya artikel Anda, seperti Google Image, Google Maps, Google Video (atau YouTube), dll.

Selamat mencoba.
http://edy4life.com/67/manfaatkan-google-untuk-menulis-artikel.html
Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
Friday, 09 December, 2011 ×

waaaaa . info berguna :D

http://aimanqistinabalqis.blogspot.com/2011/12/berbakat-bravo-bravo.html . jom usha sambil komen :)

Reply
avatar
Radi
admin
Saturday, 10 December, 2011 ×

thanks uda mampir..

Reply
avatar