Pengenalan SQL Server 2005

Semua DBMS (Database Management System) modern saat ini menggunakan SQL (Structured Query Language) sebagai bahasa untuk memprogram database.
SQL Server 2005 merupakan produk Microsoft adalah salah satu jenis database yang banyak digunakan di Indonesia. Produk ini mudah digunakan, mendukung aplikasi dengan arsitektur client/server.

1.1 Sekilas Tentang SQL Server 2005
SQL Server 2005 memperluas kinerja, keandalan, ketersediaan, programmabilitas dan mudah dalam penggunaanya. SQL Server 2005 meliputi beberapa fitur baru yang membuatnya menjadi suatu platform database berskala besar dan aplikasi e-comerce.
SQL Server 2005 merupakan penyempurnaan dari SQL Server 2000 dan ditambah dengan beberapa fitur baru.

Berikut ini fitur-fitur baru pada SQL Server 2005 :
1. Notification Services
Notification Services adalah servis untuk mengirimkan dan menerima pemberitahuan (notification). Notification Services dapat mengirimkan pesan tepat waktu dari database kepada ribuan atau berjuta-juta para langganan di suatu perusahaan.
2. Reporting Services
Reporting Services adalah servis yang memberikan kesempatan dalam pembuautan laporan dari data SQL Server.
3. Service Broker
Service Broker adalah suatu teknilogi terbaru pada Microsoft SQL Server 2005 yang membantu developer(programer) database untuk membangun keamanan dan dapat dipercaya. Sevice Broker menyediakan antrian dan pesan yang dapat dipercaya sebagai bagian dari Database Engine. Fitur ini menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk membangun aplikasi berkinerja tinggi.

1.2 Arsitektur Client/Server
SQL Server 2005 adalah salah satu jenis database relasional yang mendukung aplikasi dengan arsitektur client/server (two tier) yang mana sebagian proses dilakukan oleh server dan sebagian lagi dilakukan oleh aplikasi sehingga dapat mengurangi lalu lintas jaringan, karena SQL Server hanya memberikan data yang diperlukan oleh client saja.

1.3 Instalasi SQL Server 2005/Server
Instalasi SQL Server 2005 mencakup instalasi database engine pada komputer server dan database connectivity pada komputer client :

SQL Server terdiri dari 4 edisi :
1. SQL Server 2005 Express Edition
Express edition merpakan edisi gratis dari SQL Server 2005 yang banyak memiliki keterbatasan fasilitas.
2. SQL Server 2005 Workgroup Edition
Workgroup edition merupakan edisi yang sedikit lebih baik dibandingkan edisi SQL Server 2005 Express Edition.
3. SQL Server 2005 Developer Edition
Developer edition merupakan edisi yang memiliki seluruh fasilitas yang tersedia di SQL Server 2005 Enterprise Edition, tetapi lisensinya tidak mengijinkan untuk digunakan di dalam server production.
4. Standard Edition
Standard edition merupakan edisi yang hampir memiliki seluruh fasilitas yang tersedia di dalam SQL Server 2005 Enterprise Edition.
5. SQL Server 2005 Enterprise Edition
Enterprise Edition merupakan edisi yang terlengkap dari SQL Server 2005 dan hanya dapat diinstall pada sistem operasi jenis server, seperti Windows 2003 server atau Windows 2008 Server.
6. SQL Server 2005 Mobiole Edition (SQL Server Compact Edition)
Mobile edition merupakan edisi yang digunakan untuk kepentingan pengembangan aplikasi yang akan ditempatkan di dalam mobile device, seperti PDA atau smartphone yang dimilki oleh sistem operasi Windows Mobile. Pada edisi ini juga terdapat fasilitas untuk melakukan sinkronisasi dengan SQL Server Enterprise Edition, jika mengembangkan aplikasi dengan konsep disconnected.
Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments
Tuesday, 16 April, 2013 ×

artikelnya bgus gan, sangat bermanfaat buat kita2 yg baca.. Mampir juga yuk ke blog saya.. Itung2 buat tuker ilmu di seputaran sql server , ini gan cekidot..http://blog.jaringanhosting.com/index.php/category/sqlhosting/

Reply
avatar
Radi
admin
Monday, 05 August, 2013 ×

semoga bermanfaat

Reply
avatar
kingkong
admin
Wednesday, 11 December, 2013 ×

nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
mudah dan terjangkau..
chek this out => www.kiostiket.com

Reply
avatar