cara menginstal MikrotikOS

MikroTik merupakan sistem operasi jaringan (operating system network) yang banyak digunakan oleh Internet Service Provider untuk keperluan firewall atau router network. MikroTik menjadikan router network yang handal yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan tool, baik untuk jaringan kabel maupun wireless. Jenis - jenis Mikrotik antara lain :
1. MikroTik RouterOS yang berbentuk software yang dapat di-download di http://mikrotik.co.id/. Dapat diinstal pada kompuetr rumahan (PC).
2.  BUILT-IN Hardware MikroTik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam board router yang didalamnya sudah terinstal MikroTik RouterOS.


Instalasi MikrotikOS:
1. Pastikan PC mempunyai spesifiksai :
Pentium II
RAM 64 Mb
Harddisk IDE 400 Mb
2. Pastikan PC mempunyai 2 ethernet/ 2 LAN Card dan terdapat CD-Drive
3. Set BIOS untuk booting melalui CD-ROOM, Ketika komputer di booting CD akan mulai bekerja booting awal system MIKROTIk, bisa dilihat pada gambar di bawah :
Apabila proses booting awal berjalan dengan baik kemudian akan ditampilkan menu instalasi MIKROTIK sepert berikut :
4. Pada menu instalasi di tampilkan service apa saja yang ingin di instal. apabila yang di instalasi hanya beberapa maka menggunakan ‘space’ untuk memilihnya, jika menginginkan semua menu yang akan di instalasi Tekan huruf ‘a’. maka semua service akan terpilih. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
5. Setelah pemilihan selesai tekan huruf ‘I’ maka akan muncul :
6. Apabila menginstall baru tekan tombol ‘n’ atau apabila hanya menambahkan service baru tekan tombol ‘y’ agar konfigurasi yang sudah di buat tidak hilang.
7. Setelah proses instalasi selesai maka membutuhkan reboot ulang. Klik enter untuk reboot/restart. Dapat dilihat sepertigambar dibawah ini.
8. Setelah itu akan muncul menu login. Pada Mikrotik Login beri nama admin, password dikosongkan selanjutnya tekan Enter.
9. tekan Y untuk melihat software lisensi atau N untuk tidak melihatnya.
10. Jika Y yang di tekan maka akan muncul halaman lisensi agreement, tekan enter beberapa kali sampai muncul promt untuk command line
11. Setelah promt coomond line muncul maka proses instalasi system operasi Mikrotik selesai.

12. Selamat Mencoba..!















Previous
Next Post »